Pesawat Tanpa Awak Jadi Teknologi Tempur TNI AU

Teknologi Tempur TNI AU

TNI AU mempunyai skema persenjataan tempur nir-awak hebat. Drone unmanned aerial vehicle (UAV) CH4 sudah sempat membuat Menteri Koordinator Bagian Politik, Hukum, serta Keamanan Wiranto terpesona.

“Kita tonton jika ada satu drone yang dapat untuk melakukan bukan sekedar pengintaian dan juga melakukan penembakan serta pengeboman,” tutur Wiranto selesai hadiri pucuk latihan kombinasi TNI “Dharma Yudha 2019” di Pusat Latihan Tempur Marinir Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Kamis lalu, 12 September 2019.

Drone UAV CH4 adalah satu diantara alat penting skema senjata (alutsista) yang dikerahkan oleh TNI AU dalam latihan kombinasi TNI “Dharma Yudha 2019”. Drone itu mempunyai kelebihan, sebab berperan tidak cuma untuk alat pengawasan serta pengintaian, tetapi dapat melakukan serangan lewat penembakan atau pengeboman.

Pria Tewas Ditemukan Dengan Google Maps Setelah 22 Tahun di Dalam Danau

Wiranto menjelaskan Indonesia awalnya tidak mempunyai drone hebat seperti drone UAV CH4. Bekas Panglima ABRI itu menjelaskan kehadiran drone UAV CH4 jadi lompatan tehnologi dalam alutsista TNI. Ia mengharap ke depan Indonesia mempunyai semakin banyak alutsista berteknologi hebat untuk memperkuat pertahanan dalam negeri.

“Semoga ke depan kelak teknologi-teknologi militer yang saat ini berkembang di dunia bisa kita punya,” kata Wiranto.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, drone UAV CH4 dengan menjelaskan jika drone itu dikontrol dari Surabaya. Hadi menjelaskan drone UAV CH4 bisa terbang dengan waktu sampai 12 jam, dibarengi potensi radius jangkauan sampai 1.000 km. jika diintegrasikan dengan satelit BLOS (beyond line of sight).

Ia menyebutkan jika pesawat nir-awak itu mempunyai ketepatan serangan tinggi. “Seperti yang kita kerjakan tempo hari kita tembak, mengebom dari ketinggian 15 ribu kaki (4,5 km) serta kita launching hasilnya benar-benar presisi,” tutur Hadi.

Hadi menyebutkan jika drone CH4 masuk dalam penyediaan pada gagasan strategis (Renstra) TNI Step II. Gagasannya TNI akan datangkan enam pesawat sama untuk meningkatkan kemampuan pada dua skuadron.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


Support by togel singaporemegapoker99poker99a.netdata hkdata sgp